Enduro: Oli Terbaik untuk Motor Matic Anda

Mencari oli motor terbaik untuk kendaraan kita adalah kewajiban. Memilih oli motor matic terbaik adalah keniscayaan, lebih-lebih dengan harga oli motor yang murah.

Menjalani ‘hubungan jarak jauh’ dengan kampus saat sedang mengerjakan skripsi jelas bukan pilihan yang baik untuk seorang mahasiswa. Saya contohnya. Rumah saya di Bondowoso, kampus ada di Jember, tempat penelitian skripsi berlokasi di Jember pula. Bodohnya, saya memilih untuk tidak lagi ngekos saat mulai menggarap skripsi dan memilih untuk pulang-pergi saja dari rumah menggunakan motor saat harus ke Jember. Mau tidak mau, keberlangsungan skripsi saya tidak lagi hanya berada di tangan, tapi juga di kesehatan motor matic saya.

***

Saya bukan orang yang benar-benar paham urusan motor, saya hanya paham cara menggunakannya. Tidak lebih dari itu. Kebodohan ini lah awal dari segala malapetaka yang terjadi pada motor saya. Karena saya harus mondar mandir Bondowoso-Jember hampir setiap hari untuk ke kampus, suatu hari motor saya memilih untuk ngambek dan tidak mau kembali menyala. Usut punya usut, oli dalam motor saya hampir habis dan menybabkan mesin motor saya rusak seketika. Mobilitas terlalu tinggi dan tak diimbangi dengan perawatan mesin, kata montir di bengkel.

Singkat kisah, motor saya ‘turun mesin’. Beberapa bagian mesin diganti dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit juga. Hati dan dompet ini berdarah, Saudara-saudara. Saya akhirnya sadar, kalau kamu punya motor ya kamu harus paham aturan main paling dasar dari perawatan motor. Jangan mentang-mentang kamu perempuan, kamu jadi merasa pantas nggak paham soal perawatan motor.  Sejak saat itu, saya berjanji dalam hati untuk terus menjaga kesehatan motor saya demi menunjang lifestyle dengan mobilitas tiggi saya ini.

ENDURO: OLI MOTOR TERBAIK

Nasehat montir bengkel paling standar setelah motor saya turun mesin adalah: rajin-rajin ganti oli, Mbak. Dan petualangan saya dalam mencari oli motor terbaik dimulai dari sini. Selain mengandalkan jasa Google, saya juga mulai aktif bertanya pada beberapa kawan lelaki saya yang paham benar urusan perawatan motor. Berbagai jenis, merek dan penjelasan soal oli mulai muncul dari rekomendasi kawan-kawan saya. Sampai saya yang awam ini pusing sendiri. Hingga akhirnya seorang kawan berkata,

“Kamu buka website Dr. Lube, itu punya Pertamina. Nanti dikasih rekomendasi oli paling cocok buat motor kamu.”

Wah, boleh juga. Direkomendasikan langsung sama Pertamina harusnya lebih kredibel, sih. Dan sebagai anak teladan Indonesia, yhaaa baiknya kita pakai produk dalam negeri saja. Jadi saya langsung membuka website Dr. Lube dan mencari rekomendasi oli motor matic terbaik untuk kendaraan saya.

drlube.pertaminalubricants.com

Selain motor, kita juga bisa mencari rekomendasi pelumas, jenis bensin dan lain-lain untuk berbagai jenis mobil sampai truk juga di Dr. Lube.

drlube.pertaminalubricants.com

Kita juga bisa pakai fitur schedule untuk mengingatkan kita jadwal ganti oli, loh.

Saya bersyukur dengan adanya fitur ini. Cheesy sih, tapi sungguh. Benar-benar membantu untuk seorang awam yang buta dunia otomotif seperti saya. Pertamina benar-benar memberi servis yang cukup baik untuk masyarakat yang buta arah dan tak tau harus apa seperti saya ini.

Akhirnya, sesuai rekomendasi, pilihan saya jatuh pada Enduro Matic SAE 10W-30.

pertaminalubricants.com

Saat memilih oli ini pun saya sedikit melakukan research soal kode angka dan huruf yang tertera di judul merknya.Biar rada pinter dikit urusan oli. SAE sendiri, singkatan dari Society of Automotive Engineer adalah asosiasi internasional yang standar kekentalan olinya dipakai untuk standarisasi kekentalan oli mesin internasional. Sedangkan huruf W pada kode yang mengikuti berarti Winter dan angka untuk rentang suhu dimana oli bisa bekerja dengan optimal. Jadi 10W-30 artinya, oli tetap bisa memberikan performa yang baik untuk mesin di suhu 10° sampai -30°C. Dan biasanya, semakin tinggi angka yang tertera, semakin kental oli itu. Kalau untuk suhu Indonesia sih, 10W-30 sudah cukup.

JANGAN TERKECOH! HARGA BUKAN SEGALANYA

Tanpa menunda lebih lama, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Enduro Matic ini. Lebih lega lagi saat saya tau harga oli motor matic ini tak begitu mahal. Kenapa nggak beli yang mahal sekalian? Ah, kenapa harus beli yang mahal? Saya pikir, kita harus cukup tau spesifikasi oli yang cocok untuk motor kita. Selama spesifikasi cocok, kita tak perlu merogoh kocek yang lebih dalam untuk membeli kebutuhan motor kita. Semuanya kembali pada seberapa telaten kita merawat motor. Mau beli yang mahal juga kalau ganti oli setahun sekali ya bohong.

Selain itu, Enduro juga merupakan pelumas mesin yang digawangi langsung oleh Pertamina. Indonesia punya dan terpercaya. Daripada masih berputar-putar ke berbagai merk, harga dan lain-lain, saya sih lebih memilih untuk menggunakan pelumas dari merk dan perusahaan terpercaya saja. Lebih praktis untuk awam seperti saya.  

REVIEW PENGGUNAAN

Setelah tragedi turun mesin itu, saya jadi rajin mengganti oli motor sebulan sekali dengan oli Enduro. Biasanya memang cukup mengganti oli sesuai dengan kilometer yang sudah ditentukan, tapi berhubunga saya masih trauma, saya jadi menetapkan aturan ganti oli sebulan sekali. Apalagi dengan penggunaan motor saya yang cukup tinggi untuk keperluan mondar-mandir antar kota tiap hari, makin penting lah urusan ganti oli ini. Dan terbukti, dengan ketelatenan bulanan saya mengganti oli setiap bulan dengan Enduro, jarang ada kerusakan berarti lagi pada motor saya. Deru dan getaran motor matic juga terasa lebih halus. Lebih-lebih setelah mengganti oli shock depan, feeling saat membelokkan stang jadi terasa lebih halus dan ringan.

Berhubung saya tak pernah dikecewakan oleh Enduro, sampai saat ini saya tak memiliki keinginan untuk mengganti oli dengan merek lain. Sekali cocok, saya malas untuk mencari yang lain. Lebih-lebih, Ayah saya sendiri juga sudah bertahun-tahun menggunakan oli Enduro untuk mobilnya dan terbukti sampai saat ini, tak pernah ada kerusakan berarti pada mobil kami yang dikarenakan oleh performa oli.

BELI DI MANA?

Anda bisa mendapakan oli Enduro di SPBU Pertamina. Pertamina juga menyediakan official shop di berbagai marketplace, jadi bias dibeli online juga. Tapi saran saya sih, beli langsung di SPBU saja. Soalnya tiap tanggal 1 di awal bulan, kita bisa dapat diskon 10rb Rupiah, loh.

Jadi, dengan segala kebaikan Enduro sebagai oli andalan semua kendaraan di rumah saya (sekaligus penyelamat keberlangsungan skripsi saya), ya kenapa harus pilih yang lain?

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *