A Great Reminder: 99 Pesan Nabi by vbi_djenggotten

This is Wang!

Nope! Aku nggak bakal bikin resensi buku satu ini. Jelas outdated banget dilihat dari tahun terbitnya. And I’m not a biblioholic even one of my hobby is reading. Tapi aku bakal ngebahas tentang salah satu mood booster-ku. Yep, itu adalah komik 99 Pesan Nabi dari vbi_djenggotten. Komik ini merupakan kumpulan hadits Bukhari-Muslim yang disampaikan dalam bentuk komik. Komiknya berisi berbagai macam potongan scene yang merupakan bagian dari keseharian kita selama ini. Entah kejadian di sekitar kita ataupun hal yang menimpa kita. Dan di akhir potongan kisah, hadits yang mendasari bakal muncul sebagai amanah kisah.

Aku selama ini punya kecenderungan menghindar dari buku-buku yang punya unsur (1) Beberapa bagian tulisan di cetak miring (2) Di akhir cetak miring ada tanda kurung yang mengurung salah satu dari QS ataupun HR. Bisa dipahami, pemirsa? Hehehe. Ini masalah opini dan selera aja sih. Aku nggak ingkar dari ayat Qur’an ataupun hadits nabi, tapi banyak buku yang memasang kutipan-kutipan hadits dan ayat di tulisannya terasa membosankan buat aku baca. Tapi ada beberapa buku yang aku baca walaupun mengandung kedua unsur tersebut. Karena apa? Karena ada selingan cerita-cerita menarik dan relatable!

Nah, komik ini mengandung cerita menarik dan relatable banget, Sodara-sodara! Komikus menyampaikan kandungan hadits dengan hal-hal yang umum kita dapati di sekitar kita. Hal-hal yang tanpa sadar menjadi kealpaan kita, kekhilafan dan terlewati begitu saja. Di beberapa bagian kisah, komikus juga menyisipkan beberapa perjalanan hidupnya yang tak kalah edukatif dan inspiratif . Kesederhanaan kisah yang diangkat dan juga kegamblangan komikus dalam menyingkap hal-hal tersebut bikin buku ini bener-bener worth more than it price!

Terkadang, ketika aku sedang down, merasa jauh dari kebaikan dan lupa untuk bersyukur, aku bakal baca komik ini. Dan sama seperti pertama kali membacanya, aku bakal nangis gitu aja bacanya. Komik ini nggak pernah gagal bikin aku nangis. Serius! Well, aku orangnya memang rada sensitif dan gampang nangis (ngeliat kakek-kakek duduk di pinggir jalan aja aku bisa nangis banjir karena kebanyakan mikir; apa kakek itu bahagia? Bersyukur? Damai? Sedih? Susah? Kesepian? Nyaman?)

Yang pasti, komik ini bagai pengisi daya buat aku kalau butuh di re-charge. And I’m definitely recommend this book to everyone who need a charger for their inner-self!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *